5 Rekomendasi Film Korea dengan KPOP Member di Dalamnya

CGV Cinemas - Kalau berbicara mengenai Korea, tentunya tidak akan bisa lepas dari musik dan film. Kedua hal tersebut sepertinya juga turut mendukung suksesnya “hallyu waves” yang mulai marak di tahun 2010-an. Fenomena drama Korea atau sering disebut menjadi “drakor” ini semakin meningkat seiring banyaknya layanan streaming berbayar di Indonesia yang berlomba-lomba menayangkan drama-drama baik yang menjadi hits pada masanya hingga judul-judul yang tayangnya hampir bersamaan dengan penayangan lokal di Korea.

Dari segi perfilman layar lebar, Korea juga mulai diminati banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Film “Parasite” karya Bong Joon-ho bahkan berhasil membawa pulang penghargaan tertinggi di bidang perfilman, Academy Award (Oscar), tahun lalu. Momen tersebut seakan membuka mata dunia bahwa Korea akan menjadi satu sumber penghasil film yang wajib untuk diperhatikan.

Menariknya, industri hiburan Korea seakan mengetahui sebuah formula yang tepat bagaimana caranya mengambil perhatian dan minat untuk menyaksikannya. Salah satu formula yang sering kali berhasil adalah menggabungkan pelaku industri perfilman dan musik. Pamor Korean Pop atau K-Pop yang juga disebut-sebut membantu peningkatan perekonomian Korea juga menjadi sebuah komoditas untuk menjual sebuah film.

Berikut beberapa contoh film yang pemeran dalam filmnya merupakan member dari boy-group atau girl group K-Pop.

Architect 101

Film tahun 2012 ini bercerita mengenai kisah seorang arsitek wanita Seo-yeon yang meminta bantuan kepada teman sekolahnya dulu bernama Seung-min untuk membangun rumah di pulau Jeju. karena keduanya merupakan teman satu sekolah, Seung-min yang sebetulnya sudah bertunangan dengan seseorang bernama Eun-chae dan hendak pindah ke Amerika, dengan sedikit terpaksa membantu Seo-yeon dan menghabiskan waktu yang cukup lama bersama Seung-min di pulau Jeju. Seiring berjalannya waktu, Seung-min kemudian teringat bagaimana awal mula pertemuannya dengan Seo-yeon, yang mana merupakan cinta pertamanya.

Film ini diperankan oleh Bae Suzy, yang saat itu masih menjadi member aktif girl-grup bernama Miss A. Suzy berperan sebagai Seo-yeon pada masa mudanya di tahun 90an.

Stray Goat

Film tahun 2017 ini bercerita mengenai seorang siswa pindahan bernama Choi Min-sik ke sebuah kota kecil bernama Goseong di Provinsi Gyeongsang. Min-sik kemudian bertemu dengan Ye-joo, seorang siswi pendiam yang seringkali mendapat perundungan dari teman-teman sekolahnya karena ayahnya dituduh sebagai seorang pembunuh. Namun hal tersebut malah membuat Min-sik dan Ye-joo dekat, setidaknya sampai terjadi sesuatu yang mengharuskan mereka menjaga jaraknya.

Film Stray Goat ini diperankan oleh Park Jin-young yang mana merupakan anggota dari boy-group GOT7. Jin-young menjadi pemeran utama dari film ini dan menjadi debut pertamanya berakting di layar lebar.

My Annoying Brother

Film tahun 2016 ini mengambil latar olahraga sebagai temanya. Kebetulan pada tahun tersebut memang tengah berlangsung perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade di Rio, Brazil. Cerita dimulai dengan keberhasilan Doo-young menjadi atlet judo Korea yang selalu menjadi pahlawan pada event-event internasional. Namun pada suatu event, Doo-young harus menerima kekalahan dan juga cedera fatal. Ia harus menderita kebutaan secara permanen akibat cedera yang dialaminya. Mengetahui hal tersebut, kakak dari Doo-young, yaitu Doo-sik yang juga seorang penipu dan masih mendekam di dalam penjara mengajukan pengampunan kepada pihak berewenang agar dapat dibebaskan bersyarat dari penjara. Awalnya Doo-young yang sangat sulit menerima kenyataan bahwa ia kali ini tidak dapat melihat lagi, menjadi sangat marah saat tau harus menghadapi kakaknya yang tidak ia sukai selama ini. Namun seiring berjalannya waktu, Doo-young mampu menerima bantuan Doo-sik yang berjanji akan membantunya menjadi atlet paralimpiade di bidang Judo.

Film My Annoying Brother diperankan oleh salah satu member boy-group EXO, Do Kyung-soo atau lebih dikenal dengan panggilan D.O., dan melalui film ini, ia juga berhasil mendapatkan setidaknya 5 penghargaan nasional atas perannya menjadi atlet penyandang difabel.

Swing Kids

Film tahun 2018 ini berlatar saat perang saudara antara Korea Selatan dan Korea Utara berlangsung, atau tepatnya pada tahun 1951. Jackson, seorang tentara Amerika yang juga seorang penari tap dance di broadway, ditugaskan untuk mengumpulkan dan membuat sebuah grup tari oleh Brigadir Jenderal Roberts. Tujuannya se-simple agar mendatangkan minat media internasional terhadap bagaimana Roberts mampu berhasil menciptakan suasana damai pada penjara yang diisi oleh tahanan perang Korea Utara dan Selatan. Jackson kemudian menemukan Roh Ki-soo, seorang tahanan Korea Utara yang juga tertarik akan tap dance. Mereka berdua kemudian bersama merekrut beberapa tahanan perang lain yang juga berbakat untuk menjadi tap-dancer.

Film Swing Kids ini juga dibintangi oleh D.O., dan film ini pun mendapatkan respon yang sangat positif karena berhasil mengadaptasi cerita dari sebuah novel berjudul Roh Ki-soo. D.O. sendiri berhasil menunjukkan kepiawaiannya menari tap-dance dengan memerankan Ki-soo.

The Box

Sebuah film yang cukup membuat penggemar EXO gembira adalah The Box. Salah satu membernya, Park Chan-yeol akan menjadi pemeran utama dalam film bergenre musikal yang rilis di tahun ini. Ceritanya seputar kehidupan Ji-hoo, seorang musisi yang memiliki mimpi untuk menjadi sangat terkenal, dan dalam prosesnya, ia bertemu seorang produser yang pernah ada di posisi yang diinginkan oleh Ji-hoo.

Film The Box akan rilis pada 7 April 2021 di Indonesia, dan CGV akan menjadi bioskop yang menayangkan filmnya duluan nih Teman Seru, tepatnya pada tanggal 2, 3, dan 4 April 2021.. Buat EXO-L yang udah ngga sabar, yuk beli tiketnya sekarang di sini.

Lima film di atas merupakan sebagian kecil dari banyaknya film dan drakor yang diperankan oleh member boy/girl-group. Apakah kamu punya film favorit lainnya?

(nds)