Kenalan Sama Anime Demon Slayer, yuk!

Hai teman seru CGV! Buat kamu para penggemar anime Kimetsu no Yaiba atau Demon Slayer, pasti udah ngga sabar dong buat nonton film versi the movienya yang bakal tayang mulai tanggal 6 Januari 2021 di CGV.

Tapi buat teman seru yang lainnya yang bukan penonton anime, pasti mulai bertanya-tanya kan, “Ini film apa sih?”, “Ceritanya apa sih?”, “Demon Slayer itu apa sih?”, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Tenang, kamu datang ke tempat yang tepat nih, karena CGV mau kasih tau sedikit informasi-informasi dasar seputar anime Demon Slayer. Tapi buat kamu yang baca artikel ini, diperingatkan ya kemungkinan artikel ini mengandung SPOILER, jadi kalau memilih untuk nonton langsung tanpa kepo ini cerita apa, silahkan lewati artikel ini ya.

Sebagai informasi mendasar, Demon Slayer atau title officialnya adalah Kimetsu no Yaiba, merupakan manga hasil karya Koyoharu Gotouge yang rilis pertama kali di Jepang pada 15 Februari 2016 melalui kumpulan komik Weekly Shounen Jump. Karena mendapat sambutan yang sangat bagus, 2 tahun setelah manga-nya terbit, studio animasi Ufotable mengumumkan untuk membuat Kimetsu no Yaiba dalam versi anime series yang memiliki 26 episode dan penayangan pertama pada tahun berikutnya, yaitu 6 April 2019. Melihat potensial dari cerita Kimetsu no Yaiba, perusahaan lisensi dari Amerika Serikat, Aniplex membuat kesepakatan untuk merilis anime ini pada layanan streaming berbayar Crunchyroll, Hulu, dan FunAnimation. Kesuksesan series ini ternyata tidak berhenti sampai di situ saja, karena di tahun 2020, Netflix juga mendapatkan hak untuk menayangkan anime Kimetsu no Yaiba dan dapat dinikmati oleh penonton yang lebih luas.

Lanjut ke ceritanya ya. Demon Slayer merupakan sebuah sebutan untuk orang-orang yang memiliki kekuatan dan bertugas untuk membasmi iblis-iblis yang berkeliaran di Jepang pada era Taisho. Keberadaan Demon Slayer sebenarnya tidak secara umum diketahui oleh masyarakat Jepang saat itu, melainkan mereka dianggap sebagai legenda atau hanya sebuah cerita yang beredar dari mulut ke mulut saja. Hal ini tentunya berkembang seiring dengan banyaknya cerita bahwa banyak manusia yang hilang diculik atau bahkan dibunuh oleh para iblis yang berkeliaran. Kamado Tanjiro, seorang anak muda yang bekerja sebagai penambang batu bara harus berjuang menghidupi keluarganya karena ayahnya tewas dan dipercaya dibunuh oleh iblis. Suatu hari Tanjiro bertugas untuk mengantar batu bara ke kota, ia meninggalkan keluarganya yang beranggotakan ibu serta 5 adiknya di rumah. Tanjiro kemudian harus bermalam di rumah kenalannya karena badai melanda gunung tempat rumah keluarga Kamado berada. Saat Tanjiro berhasil pulang keesokan harinya, ia harus menemukan seluruh keluarganya terbunuh kecuali 1 orang adiknya, Nezuko, yang secara mengejutkan menjelma menjadi seorang iblis. Dalam perjalanannya mencari dokter di kota, Nezuko mendadak menyerang Tanjiro, dan dengan sangat terpaksa Tanjiro berusaha untuk menghindari serangan-serangan dari Nezuko karena ia merasa Nezuko masih belum sepenuhnya berubah menjadi iblis dan masih bisa mengenali dan menggunakan sisi humanisnya.

Saat Tanjiro sudah terpojokkan, seorang Hashira, atau sebutan bagi Demon Slayer yang memiliki pangkat tinggi bernama Giyu Tomioka muncul untuk menyelamatkannya. Nezuko jelas bukan tandingan bagi seorang Hashira, dengan sangat mudah Tomioka dapat melumpuhkan Nezuko. Namun Tanjiro memohon kepada Tomioka untuk tidak melukai atau memusnahkan Nezuko, dengan alasan ingin mencari cara bagaimana mengembalikan Nezuko menjadi seorang manusia. Setelah berdebat, Tomioka mengatakan kemungkinan Iblis dengan pangkat tinggi pasti memiliki informasi mengenai bagaimana caranya, kemudian menekankan bahwa Tanjiro tidak akan bisa berdamai dengan Iblis. Sebelum pergi, Tomioka meminta Tanjiro untuk mencari seorang bernama Sakonji Urokodaki. Sesampainya di pegunungan Sagiri, Sakonji Urokodaki yang ternyata adalah seorang mantan Hashira, Ia tertarik untuk mengajarkan Tanjiro lebih banyak mengenai Iblis dan kemampuan untuk bertahan hidup. Urokodaki pun akhirnya meminta Tanjiro untuk menjadi seorang Demon Slayer demi menolong Nezuko.

Setelah resmi menjadi seorang Demon Slayer, Tanjiro kemudian bertemu dua teman baru yaitu Zenitsu Agatsuma dan Inosuke Hashibira. Keduanya awalnya membuat Tanjiro jengkel karena sifatnya yang bertolak belakang. Zenitsu merupakan seorang Demon Slayer yang penakut dan selalu mengeluh, sedangkan Inosuke seorang Demon Slayer yang pemarah dan merasa dirinya paling hebat. Namun seiring berjalannya waktu, ketiganya membentuk hubungan yang solid dan saling melengkapi dengan kemampuan Zenitsu yang muncul secara tidak terduga saat sedang kalut, dan Inosuke yang tidak kenal menyerah dan agresif.

Anime Demon Slayer selesai pada episode 26, saat Tanjiro, Nezuko, Zenitsu, dan Inosuke mengikuti seorang Hashira bernama Kyojuro Rengoku menginvestigasi kemunculan Iblis berpangkat tinggi. Dalam menempuh perjalanannya, mereka naik sebuah kereta yang ternyata kereta tersebut sudah dikuasai oleh Iblis berlevel tinggi dan menjadi bagian dari Juunikizuki atau 12 Iblis yang menjadi anak buah langsung dari pemimpin Iblis, Muzan Kibutsuji.

Nah gimana teman seru, sampai sini udah muali tertarik belom sama anime ini? Salah satu alasan kenapa harus nonton anime ini, pastinya karena Demon Slayer merupakan anime terpopuler saat ini, dan film Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba The Movie: Mugen Train yang saat ini sedang tayang di CGV, merupakan anime dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, loh! Jadi buat teman seru yang mau beli tiketnya, bisa cek jadwalnya di sini yaa.