Supaya Tetap Aman, Ini 5 Tips Saat Naik Transportasi Umum

CGV Cinemas - Meski PSBB masih berlaku, namun masyarakat mulai berangsur kembali beraktivitas seperti biasanya. Selain jalanan yang mulai ramai kembali, sebagian masyarakat pun sudah mulai kembali bekerja di kantor.

Bersamaan dengan hal tersebut, beberapa transportasi umum juga mulai kembali beroperasi seperti biasanya, contoh saja Gojek yang per 8 Juni kemarin sudah aktif kembali. Beberapa angkutan umum lainnya seperti Bus Transjakarta, KRL, dan MRT juga kembali beroperasi walaupun dengan trayek dan jadwal keberangkatan yang terbatas.

Meski New Normal atau tatanan baru akan dijalankan dan kehidupan akan berangsur kembali seperti sedia kala, kamu tetap harus waspada dan jaga diri terutama ketika naik angkutan umum. Pasalnya, kasus virus COVID-19 di Indonesia masih terus bertambah dan belum mengalami penurunan signifikan dari segi jumlah pasien positif setiap harinya.

Maka dari itu, pada artikel kali ini, CGV Cinemas punya tips aman naik angkutan umum buat kamu yang sudah harus kembali bekerja ke kantor atau ingin berpergian. Apa saja tipsnya? Yuk kita simak artikel berikut ini!


1. Pakai Masker

Tentu saja hal ini harus menjadi prioritas ketika kamu ingin bepergian terlepas kamu sakit atau sehat. Sebaiknya selalu pakai masker sejak berangkat dari rumah hingga kembali pulang ke rumah.

Selain melindungi diri dari orang lain yang batuk atau bersin saat di angkutan umum, masker juga berfungsi untuk melindungi orang lain saat kamu batuk atau bersin. Kamu pun harus memperhatikan kondisi sekitar ketika hendak batuk atau bersin, pastikan untuk menutup mulut dan hidung dengan siku tangan bagian dalam ketika batuk atau bersin.

2. Kurangi Menyentuh Benda-benda

Saat naik angkutan umum, sebaiknya kurangi sentuhan langsung dengan jari tangan terutama kepada benda-benda yang sering disentuh orang lain seperti tiang bus, pegangan bus, tempat duduk bus, dan handel pintu bus.

Untuk menyiasatinya kamu bisa terlebih dahulu mengelap atau membersihkan benda yang hendak kamu sentuh tersebut dengan tisu basah. Misalnya mengelap pegangan di bus dan cuci tangan dengan air dan sabun atau dengan hand sanitizer saat sudah turun dari bus.

3. Jangan Menyentuh Area Wajah

Meski kamu sudah mengurangi sentuhan dengan jari, namun kamu tidak pernah tahu jika ada virus atau kuman yang menempel. Maka sebaiknya kamu kurangi bahkan jangan menyentuh area wajah sembarangan apa lagi saat di dalam angkutan umum.

Kamu boleh menyentuh area wajah bila sudah turun dari angkutan umum dan sudah mencuci tangan sampai bersih. Pastikan kamu mencuci tangan dengan bersih bahkan hingga ke sela-sela jari.

4. Jaga Jarak

Pastikan kamu menjaga jarak dengan orang lain baik saat di dalam angkutan umum maupun saat menunggu di halte. Sebaiknya kamu jaga jarak semaksimal mungkin dengan orang lain untuk mengurangi risiko penyebaran virus.

Selain jaga jarak, sebaiknya kamu juga mengurangi komunikasi atau berbicara dengan orang lain saat di dalam angkutan umum. Kamu bisa menolak secara halus saat diajak berbicara atau menjaga jarak dengan orang lain.

5. Jaga Kesehatan

Saat bepergian dengan angkutan umum, pastikan kamu selalu menjaga kondisi tubuh sehat dan prima untuk beraktivitas. Terutama untuk memastikan kamu tidak mengalami gejala virus COVID-19 seperti demam, batuk kering, nyeri tenggorokan, sesak napas, dan gejala lainnya.

Untuk itu selalu perkuat imun tubuh dengan mengonsumsi multivitamin dan makanan serta minuman sehat. Jangan lupa untuk berolahraga agar tubuh tetap bugar dan kuat.