5 Tradisi Unik Lebaran Seru Masyarakat Indonesia

CGV Cinemas - Tradisi hari raya Idul Fitri di Indonesia menjadi momen yang begitu ditunggu tiap tahunnya. Sama seperti negara lainnya, Indonesia memiliki tradisi hari raya Idul Fitri sendiri.

Meskipun setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda-beda, tapi secara umum terdapat beberapa unik yang berlaku di masyarakat Indonesia untuk merayakan lebaran seru.

Nah, apa aja tradisi unik hari raya Idul Fitri di Indonesia? Berikut CGV telah merangkum 5 hal unik ketika merayakan lebaran di Indonesia.


1. Takbiran dan Pawai Obor

Mengumandangkan takbir menjelang hari raya Idul Fitri merupakan sebuah tradisi tersendiri di berbagai negara termasuk Indonesia. Pada malam lebaran, kumandang takbir saling bersahutan dari satu masjid dengan masjid lainnya.

Selain itu, di beberapa daerah ada juga yang merayakannya dengan pawai obor keliling sambil mengumandangkan takbir diiringi tabuhan bedug yang begitu khas.

2. Mudik Ke Kampung

Tradisi hari raya Idul Fitri di Indonesia yang paling dikenal adalah mudik. Tradisi unik ini begitu fenomenal dan terus dilakukan tiap tahunnya. Mudik adalah kegiatan para perantau untuk kembali ke kampung halamannya.

Mudik dikaitkan dengan kata ''udik'' yang artinya kampung, desa atau dusun. Dalam istilah Jawa, mudik juga diartikan sebagai singkatan dari ‘mulih dilik’ yang artinya adalah pulang sebentar.

Tapi ditengah pandemi COVID-19 ini, sepertinya tradisi ini tidak dapat dilakukan tahun ini karena adanya larangan dari pemerintah untuk mencegah penularan penyakit tersebut.

3. Halal Bi Halal

Halal bi halal juga merupakan salah satu tradisi unik saat lebaran. Pada momen ini kerap juga dilakukan tradisi sungkem pada orang yang lebih tua. Tradisi ini berasal dari budaya tanah Jawa, sungkeman adalah sebuah prosesi adat yang dilakukan oleh seseorang yang biasanya lebih muda kepada orang yang lebih tua.

Tradisi unik ini memiliki tujuan sebagai bentuk penghormatan ataupun sebagai bentuk permintaan maaf.

4. Ziarah Kubur

Di Indonesia, mengingat leluhur menjadi sebuah tradisi tersendiri. Saat hari raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia biasanya berbondong-bondong menuju makam.

Tradisi unik ini dimaksudkan sebagai pengingat serta mendoakan bagi keluarga dan kerabat yang telah berpulang.

5. THR

Tunjangan Hari Raya atau THR adalah uang yang diberikan perusahaan kepada pekerjanya saat hari raya. THR digunakan untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Namun, tradisi ini juga berlaku dalam masyarakat secara umum khususnya pada anak-anak.

Pada momen ini biasanya orang dewasa yang telah bekerja memberi ''salam tempel'' pada anak-anak. Biasanya uang yang diberikan adalah uang kertas baru dengan nominal tertentu. Hal ini juga bisa disimbolkan sebagai bentuk apresiasi karena anak-anak tersebut telah tuntas menjalani puasa selama satu bulan.