Tetap Tampil Kece, Ini 5 Tips Seru Supaya Berat Badan Terjaga Saat Lebaran

CGV Cinemas - Momen lebaran pastinya udah ditunggu-tunggu oleh kita semua dan ingin segera merayakannya bersama keluarga besar. Tapi di balik segala euforianya, ada satu masalah yang kerap menghampiri setelah momen lebaran yaitu berat badan malah jadi bertambah!

Ragam makanan dan minuman lezat apalagi bersantan yang disajikan selama perayaan lebaran umumnya memang menggandung tinggi kalori serta gula yang menjadi pemicu kenaikan berat badan. Tapi selalu ada cara untuk menjaga berat badan kamu tetap stabil paska lebaran.

Nah pada artikel kali ini, CGV akan membahas seputar tips seru supaya berat badan kamu terjaga selama puasa dan lebaran. Yuk simak artikel selengkapnya!


1. Batasi Asupan Kalori

Untuk menjaga berat badan, tentu kamu harus tahu berapa jumlah kalori yang tubuh perlukan setiap harinya. Kalau kamu akan berencana menyantap makanan dengan porsi lebih banyak saat makan siang karena adanya menu lebaran seperti opor ayam, sambal goreng hati dan menu berat lainnya, maka sebaiknya porsi makan kamu saat sarapan dan makan malam lebih dibatasi.

2. Hindari Minuman Manis Berlebih

Tak hanya selektif dalam memilih menu makanan saat lebaran, menu minuman kamu juga perlu mendapat perhatian. Ragam minuman manis seperti es buah, teh manis, atau minuman bersoda yang menjadi langganan saat lebaran ternyata menyumbang kalori yang cukup besar dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu batasi minuman manis berlebih karena bisa jadi timbangan kamu akan membengkak setelah lebaran.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak mengonsumsi air putih di pagi hari agar tubuh tetap terhidrasi, sebab ada banyak hal terjadi ketika kamu mengalami dehidrasi. Salah satunya tubuh yang kesulitan dalam mencerna makanan yang membuat kita merasa sulit kenyang dan makan lebih banyak. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk banyak minum air putih supaya membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

4. Tetap Olahraga Teratur

Meskipun lebaran, jangan lupa untuk tetap olahraga teratur. Dan sangat disarankan kalau kamu tetap olahraga sebelum ataupun setelah lebaran. Sama prinsipnya seperti menggunakan kartu kredit di mana: kamu membayar dulu baru berhutang. Kamu harus bekerja dulu agar mendapat allowance kalori sehingga saat hari-H lebaran.

Sehingga kamu bisa makan tanpa merasa bersalah. Prinsip membayar dengan berolahraga giat setelah pesta atau makan banyak itu sebenarnya kurang baik. Karena belum tentu kamu bisa berolahraga esok hari.

5. Jangan Ngemil Terlalu Banyak

Saat lebaran usahakan pula untuk terfokus ke menu utama. Terkadang kebiasaan kita justru melewatkan makan-makanan berat karena porsinya yang lebih banyak dan berpikir akan membuat kita gemuk. Lalu malah hanya makan camilan atau kue kering seperti nastar atau kastengel yang lezat, bukan?

Padahal seharusnya bagian tersebutlah yang kita hindari karena 1 kue nastar kesukaan kamu bisa mengandung hingga 75 kalori dan bayangkan jika kamu mengonsumsinya lebih dari 3 buah belum lagi kue-kue lainnya!