NYAM! Ini 5 Makanan Wajib Untuk Rayakan Lebaran Seru

CGV Cinemas - Setelah berpuasa selama sebulan, tiba saatnya bagi umat muslim untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Lebaran biasanya menjadi momen yang paling dinantikan karena dapat berkumpul dengan keluarga besar.

Momen silaturahmi setahun sekali ini juga biasanya dirayakan dengan makan-makan. Nah sebagai umat Islam yang tinggal di negara Indonesia, biasanya terdapat beberapa hidangan wajib yang selalu disajikan ketika lebaran dari tahun ke tahun. Pada artikel ini, CGV akan membahas seputar 5 menu makanan yang wajib disuguhkan ketika hari raya Idul Fitri. Apa saja? Yuk simak artikel selengkapnya!


1. Opor Ayam

Makanan yang satu ini menjadi hidangan yang biasanya disediakan bersama ketupat selama di hari Lebaran. Yups Opor!! Opor ini merupakan salah satu masakan khas Indonesia, yang biasanya berwarna kuning. Opor biasanya berisi Ayam, namun ada juga tambahan lain seperti tahu, telur, dan lain-lain.

Nah kalau kamu pengen mencoba sendiri membuat opor ayam di rumah tapi tidak punya resepnya, jangan khawatir karena kamu bisa melihat resep dan cara membuat opor ayam lewat video berikut.

2. Ketupat

Siapa yang nggak kenal dengan ketupat? Makanan yang sudah identik sebagai hidangan saat Lebaran ini terbuat dari nasi yang dibungkus dengan janur/daun kelapa. Biasanya, Lebaran jika tanpa ketupat itu kurang afdol. Jadi, pastikan ketika lebaran nanti kamu menyediakan 1 porsi ketupat ya biar nuansa Lebaran lebih terasa.

3. Lontong Sayur Lodeh

Selain ketupat, Lontong juga menjadi primadona menu makanan lebaran. Lontong dibuat dari beras/nasi yang dibungkus daun pisang. Lontong tepat disajikan dengan sayur lodeh, apalagi ditaburi bawang goreng dan dimakan bersama kerupuk.

4. Rendang

Salah satu makanan kebanggaan Indonesia ini juga menjadi salah satu menu makanan di hari raya Idul Fitri. Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Biasanya disajikan bersama nasi putih dan daun ketela rebus.

5. Sambal Goreng Hati Pete

Saat lebaran, sepertinya kurang lengkap kalau enggak makan sambal goreng hati. Masakan yang manis-pedas ini begitu cocok dimakan bersama lontong sayur. Sambal goreng hati biasanya dibuat dari irisan kentang dan hati ampela atau juga ditambahkan dengan pete, namun sambal goreng ini juga bisa divariasikan dengan daging lainnya.

Buat kamu yang lagi cari resep membuat sambal goreng hati pete yang nikmat, kamu bisa ikutin lewat video berikut!