Bye-bye Perih! Ini 5 Tips Puasa Bagi Penderita Maag

CGV Cinemas - Perut kosong bisa jadi musuh bagi mereka yang menderita sakit maag. Tapi apa jadinya jika puasa yang mewajibkan kita tidak makan dan minum hingga 14 jam? Hal ini tentu akan menjadi mimpi buruk karena dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit maag.

Gejala yang dialami bagi penderita maag pada umumnya berupa nyeri pada ulu hati, lambung perih, dan dapat menjalar hingga ke area punggung. Sebagian lainnya akan merasakan kembung dan mual bahkan muntah. Hal ini tentu akan menjadi tidak nyaman dan membuat kamu takut untuk berpuasa.

Tapi tenang, pada artikel kali ini CGV Cinemas akan memberikan 5 tips buat kamu yang menderita sakit maag supaya lancar saat menjalani puasa Ramadan. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!


1. Pilih Makanan yang Tepat

Saat memasak dan memilih makanan untuk sahur dan berbuka puasa, pilihlah makanan yang bisa meredakan gejala maag yang kamu derita. Makanan tinggi serat, seperti oatmeal, brokoli, wortel, apel, dan kacang-kacangan, bisa dipilih karena baik bagi lambung kamu. Konsumsi probiotik, seperti yogurt, juga direkomendasikan untuk kamu makan saat berbuka dan sahur.

Hindarilah makanan dan minuman yang mengiritasi lambung. Contohnya adalah makanan bersifat asam, seperti jeruk dan tomat, pedas, makanan berlemak, serta gorengan. Berbagai minuman menyegarkan umumnya banyak disajikan saat berbuka puasa. Oleh sebab itu, hindarilah minuman bersoda, beralkohol, kopi, dan jus yang bersifat asam. Selain menyebabkan maag, minuman-minuman tersebut juga meningkatkan risiko asam lambung naik.

2. Hindari Merokok

Apabila kamu seorang perokok, sebaiknya hindari merokok di bulan Ramadan ini. Hentikan kebiasaan buruk tersebut, baik selama menjalankan puasa maupun setelah berbuka. Secara umum, rokok dapat meningkatkan risiko sakit maag dan asam lambung naik.

3. Minum Obat Pereda Nyeri

Kalau kamu sedang mengonsumsi obat maag selama berpuasa, perhatikanlah jadwal yang tepat untuk meminumnya. Obat maag umumnya kamu konsumsi sebelum makan, maka dari itu minumlah obat tersebut sekitar 30 menit sebelum makan sahur atau makan besar saat berbuka puasa. Bila obat diminum sebanyak 1-2 kali sehari, minumlah pada saat sahur atau berbuka, atau keduanya.

4. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Salah satu tips puasa bagi penderita maag adalah dengan selalu makan sahur. Wajib hukumnya bagi kamu yang memiliki penyakit maag untuk makan sahur sebelum berpuasa, karena saat berpuasa lambung akan mengalami kekosongan selama hampir 14 jam.

Makan sahur akan mencegah peningkatan asam lambung berlebih. Selain itu, sahur juga merupakan sumber energi bagi kamu untuk beraktivitas seharian.

5. Jangan Menunda Buka Puasa

Penderita maag disarankan untuk segera berbuka ketika waktunya tiba. Tips puasa bagi penderita maag satu ini tentu sangat penting untuk menghindari penyakit kamu kambuh.

Awali dengan minum air hangat dan hindari mengonsumsi teh pekat, kopi, dan air dingin. Karena deretan minuman tersebut dapat merangsang lambung.