10 Fakta Unik Tentang Oscar 2020. Nomer 1 Paling Wow!

CGV Cinemas - Nominasi piala Oscar untuk tahun 2020 sudah diumumkan. Beberapa film meraih nominasi yang banyak, seperti Joker (11), Once Upon a Time in Hollywood (10), The Irishman (10), dan film perang 1917 (10).

Namun di samping itu, nominasi Oscar 2020 ini menyimpan beberapa fakta unik yang menarik untuk dibahas.

Nominasi Oscar meliputi banyak kategori. Namun, tidak banyak yang memperhatikan semua kategori tersebut.

Sebagian besar hanya memperhatikan kategori Oscar yang bergengsi, seperti Film Terbaik, Sutradara Terbaik, atau Pemeran Terbaik.

Walau begitu, ada beberapa fakta menarik dari penghargaan dunia perfilman yang akan digelar pada 9 Februari 2020 di Amerika ini. Apa saja? Yuk simak liputan selengkapnya!


Belum ada film asing memenangkan Film Terbaik

Film Parasite karya Bong Joon-Ho berhasil meraih 6 nominasi Oscar. Di antaranya termasuk Film Terbaik.

Namun sejauh ini belum pernah ada pemenang kategori Film Terbaik Oscar yang merupakan film berbahasa asing. Banyak yang menjadi nominasi, namun tidak ada yang menang.


3 Film Netflix Masuk Nominasi Film Terbaik

Walau bukan yang pertama kali, tiga film yang diputar di layanan streaming Netflix berhasil meraih nominasi di kategori Film Terbaik Oscar 2020. Film itu adalah The Irishman, Marriage Story, dan The Two Popes.

Dua film di antaranya pun meraih nominasi cukup banyak. The Irishman dengan 10 nominasi dan Marriage Story dengan 6 nominasi. Secara total, Netflix mendapat 24 nominasi dari koleksi filmnya.


Bong Joon-Ho: Orang Asia ke-5 yang Dapat Nominasi Sutradara Terbaik

Bong Joon-Ho menjadi sutradara dari Asia ke-5 yang pernah dinominasikan untuk kategori Sutradara Terbaik.

Sebelumnya ada: Hiroshi Teshigara, Akira Kurosawa, M. Night Shyamalan, dan Ang Lee. Ia juga menjadi sutradara ke-26 yang menerima nominasi di kategori itu dari film berbahasa asing.


Scarlett Johansson: 2 Nominasi Kategori

Scarlett Johansson meraih 2 nominasi, yaitu untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik (Marriage Story) dan Pemeran Pembantu Wanita Terbaik (Jojo Rabbit). Ia memang bukan orang pertama yang meraih 2 kategori seperti ini.

Namun, Scar-Jo menjadi orang ke-2 yang meraih 2 kategori tersebut, setelah Cate Blanchett di tahun 2008.


Tom Hanks meraih nominasi setelah 19 tahun

Tom Hanks meraih nominasi untuk film A Beautiful Day in the Neighboorhood. Yang menarik, ini merupakan yang pertama ia dapatkan setelah 19 tahun lalu meraih nominasi di film Cast Away (2000).


Robert De Niro tidak mendapat nominasi

Film The Irishman mendapat nominasi yang cukup banyak. Sayangnya Robert De Niro, sang pemeran utama, tidak mendapat nominasi.

Sementara Al Pacino dan Joe Pesci sama-sama mendapat nominasi untuk Pemeran Pembantu Pria Terbaik. Fakta yang cukup ironis di Oscar 2020 ini.


Saoirse Ronan: 4 nominasi di usia 25 tahun

Saoirse Ronan meraih nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk film Little Women di Oscar 2020.

Hebatnya, dalam usia yang masih cukup muda (saat artikel ditulis, 25 tahun), ia sudah mendapat empat nominasi Oscar di sepanjang karirnya.


Persaingan Sekuel film animasi

Persaingan ketat di nominasi Film Animasi Terbaik mungkin terjadi antara Toy Story 4 dan How to Train You Dragon: Hidden World.

Yang menarik, kalau salah satu dari film itu menang, hal ini baru kali ke-2 sekuel film animasi memenangkan kategori ini. Yang pertama adalah Toy Story 3.


John Williams: Nominasi Oscar di 6 Dekade Berbeda

John Williams meraih nominasi Oscar pada kategori Musik Orisinal Terbaik dengan film Star Wars: The Rise of Skywalker. Ia berhasil meraih total 53 nominasi Oscar di sepanjang 6 dekade karirnya (orang ke-2 terbanyak di bawah Walt Disney).

John Williams berhasil memenangkan 6 piala untuk Musik Orisinal Terbaik dan beberapa untuk kategori lain.


Michelle Obama raih nominasi Film Dokumenter Terbaik

Pasangan Barrack dan Michelle Obama, mantan Presiden dan Ibu Negara Amerika Serikat, menandatangani kontrak dengan Netflix di tahun 2018.

Salah satu film yang mereka produksi, American Factory, berhasil meraih nominasi Film Dokumenter Terbaik.

Kalau mereka menang, pasangan Obama ini akan menjadi mantan Presiden pertama yang memenangkan Oscar setelah melepas jabatannya.