Buka Jendela Dunia Buat Lombok Tersenyum Kembali

Dampak gempa Lombok dan sekitarnya sejak gempa pertama 6,4 SR pada 29/7/2018 yang kemudian disusul gempa 7 SR (5/8/2018), 6,5 SR (19/8/2019 siang) dan 6,9 SR (19/8/2018 malam) menyebabkan 506 orang meninggal dunia, 431.416 orang mengungsi, 74.361 unit rumah rusak, termasuk diantaranya 671 bangunan sekolah*). 

Saat ini Lombok sedang masuk dalam tahap pemulihan, sejumlah bangunan fasilitas umum sementara sudah didirikan oleh pemerintah dan pihak swasta. Bangunan sekolah sementara (Pop Up School) menjadi langkah yang dilakukan oleh Gugah Nurani Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Pelita untuk membantu pemulihan kondisi belajar-mengajar di sejumlah desa terdampak bencana.  

Proses pemulihan pendidikan masih berlanjut hingga saat ini melalui kampanye Buka Jendela Dunia. Buka Jendela Dunia  merupakan salah satu gerakan Gugah Nurani Indonesia untuk mendukung pendidikan khususnya penyediaan buku bacaan dan alat pendukung  pendidikan di sejumlah daerah di Indonesia. Gerakan ini dimulai sejak 2018  bekerjasama dengan CJ CGV* Cinemas Indonesia untuk membantu pemulihan pendidikan di Lombok pacsa gempa 2018.

Sebagai entertainment platform dengan konsep cultureplex, CJ CGV* Cinemas Indonesia tidak terbatas hanya dengan  ruang putar film, namun juga sebagai tempat ekspresi budaya di mana berbagai kegiatan dilangsungkan. “Kami menyambut positif inisiasi dari Gugah Nurani Indonesia untuk mengadakan gerakan pemulihan khususnya pendidikan di area bencana alam beberapa waktu silam.”ujar Manael Sudarman, Sales & Marketing Division Head dari CJ CGV* Cinemas Indonesia. 

Gugah Nurani berterima kasih kepada CGV Cinemas Indoneisa  sudah memberi dukungan selama 3 bulan dengan menjual totebag #BukaJendeladunia untuk Lombok. Totebag  tersebut ada di 22 outlet CGV Cinemas di Jabodetabek dan Jawa Barat. Penayangan video dan poster kampanye di sejumlah platform media CGV juga sangat membantu untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan di Indonesia.

Sebagai langkah lanjut, Gugah Nurani Indonesia akan melanjutkan Pembangunan Pop up School, sarana belajar dan pengadaan  buku bacaan di sejumlah sekolah sementara di  kecamatan Pemenang Lombok Utara. Dengan upaya ini, bersama kita bangkitkan keceriaan dan semangat belajar anak-anak, sehingga mereka bisa kembali menata masa depan yang lebih baik.