Seru, Tegang, Sedih Semua Ada di The Battleship Island



We Must Escape. We Leave No One Behind! Diiringi tembakan, orang-orang Korea berusaha menaiki tangga untuk menyeberangi  tembok batas Pulau Hashima Jepang dengan lautan, menuju sebuah kapal laut yang siap membawa pergi kembali ke negaranya, Korea.

Suara sirine meraung. "Orang-orang Korea melarikan diri," teriak prajurit Jepang. Terdengar pengumuman siaga. Bom meledak disana-sini. Rasa panik, ketakutan, dan air mata mengiringi tangisan yang pecah. Beberapa orang jatuh tertembak dan meregang nyawa. Darah mengalir dari tubuh yang terluka.

Melarikan diri dari neraka. Kembali ke negeri sendiri. Itu yang ingin dilakukan semua orang-orang Korea untuk mendapatkan kebebasan. Sebuah kemerdekaan yang dirindukan setelah lama dikerja paksa di sebuah tambang batu bara di Pulau Hashima, Jepang.

Diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Pulau Hashima, Jepang, The Battleship Island, film asal Korea Selatan yang akan dirilis di jaringan bioskop seluruh Indonesia mulai 19 Agustus 2017 ini menyajikan lembaran pilu kisah penjajahan negara Jepang terhadap Korea.

Di Negara asalnya, Korea Selatan, film berlatar sejarah kelam Korea yang disutadarai oleh Ryoo Seung-wan sukses besar. Jumlah penontonnya langsung menyentuh angka 1 juta penonton saat pertama kali dirilis pekan, Rabu 26 Juli 2017.

Antusiasme untuk menonton film The Battleship Island sangat tinggi. Rasa ingin tahu terhadap film yang berlatar belakang saat perang dunia kedua tahun 1945, begitu tinggi tidak hanya buat orang Korea yang berkaitan langsung dengan sejarah yang membungkus perjalanan negara ginseng itu.

The Battleship Island membuka tayangan gala premier dengan proses pembuatan film yang berasal dari produser, sutradara, dan para pemeran dalam film. Film yang dibuat dengan menggunakan modal 23 miliar won atau sekitar Rp273 miliar ini, dibuat sedemikian rupa agar para penontonnya tak hanya sekedar menyaksikan.

Ada pengalaman yang bisa dipetik dari film. Kondisi tempat tinggal di Battleship Island yang nama aslinya Pulau Hashima dibuat sangat menyerupai seperti aslinya.  Tak hanya itu, The Battleship Island juga menampilkan para pemeran yang sudah terkenal yakni Song Joong Ki, So Ji Sub dan Hwang Jung Min.

Pulau Hashima Jepang, yang juga dikenal dengan sebutan  Gunkanjima, tempat pertama kali ditemukan batu bara dan dimulai penambangan pada tahun 1890-an, membuka awal kepedihan bagi Korea.

Selama masa pendudukan Jepang atas Korea, orang Korea harus mengalami masa-masa neraka di pulau Hashima pulau yang berjarak sekitar 20 KM dari Pulau Nagasaki,. Diangkut dengan kapal laut dari Korea menuju ke Hashima tanpa bisa menolak.


Penulis:Riap Windhu

Sumber: Kompasiana.com


Beli tiket The Battleship Island di sini